Selasa, 10 Mei 2016

Fobia Paling Aneh


Fobia Paling Aneh

Takut akan sesuatu adalah hal yang wajar. Setiap orang pasti memiliki ketakutan. Namun, ada jenis ketakutan lain yang berkaitan dengan kendala psikologis. Psikolog lazim menyebutnya fobia.

Pakar mengatakan fobia muncul secara alamiah, dan biasanya akan melekat seumur hidup si pengidap. Uniknya, fobia bisa bermacam-macam. Takut pada hal yang jauh dari sifat mengerikan hingga yang sangat unik.

Sisini saya menyajikan 5 jenis fobia paling aneh yang kemunculannya sangat langka, tapi sungguh nyata diidap oleh beberapa orang di dunia. Contohnya, siapa sangka fobia ibu mertua sungguh pernah tercatat dalam ilmu psikologi?

Berikut rangkuman 5 fobia teraneh itu:

1.Automatonophobia
Fobia Paling Aneh
Tidak semua ketakutan akan sesuatu berdampak tidak baik, contohnya ketakutan akan menjadi ahli suara perut yang biasanya mengendalikan boneka.

Memang terlihat aneh ketika seorang dapat berbicara dengan dua cara, dan memegang boneka di tangannya. Namun seorang yang mengidap hal tersebut tidak harus mencari pengobatan tersendiri, karena hal tersebut adalah reaksi yang alami.

2.Cathisophobia
Fobia Paling Aneh
Tidak semua orang suka duduk, mereka akan mudah berontak bila diminta duduk atau melakukan kegiatan duduk terlalu lama.

Mereka yang memiliki ketakutan akan hal ini biasanya akan berkeringat, sulit bernapas saat duduk.

3. Arachibutyrophobia
Fobia Paling Aneh


Fobia satu ini sangat jarang terjadi. Para pengidap penyakit ini dibuat takut dan membayangkan sesuatu yang sangat tidak mengerikan. Siapa coba yang takut melihat selai kacang?


Nyatanya, pengidap fobia ini akan tersiksa saat dipaksa memakan selai kacang. Dalam pikiran pengidapnya, selai tersebut seakan menggantung di langit-langit mulut, tak bisa lepas. Sang penderita langsung keluar keringat dingin.


4. Pentheraphobia



Orang yang menderita pentheraphobia sangat takut pada ibu mertua. Hal ini terbilang umum bahkan hal ini sangat sering terjadi di cerita fiksi film-film.

Hal ini sangat umum bila di lihat dalam lingkup sosial dunia barat, yang beranggapan ibu mertua selalu menetapkan standar di atas rata-rata.

Satu ketakutan yang berhubungan dengan dengan hal yang saut ini adalah ketakutan dengan ibu tiri, seperti yang diceritakan kartun Cinderlla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar